Saturday, March 5, 2016

6 Ruas Jalan di Kota Jogja Bakal Dibangun Taman Baru

Keberadaan taman kota di kota Jogja akan terus ditingkatkan dari sisi kualitas maupun kuantitas. Selain menjadi jalur terbuka hijau, di beberapa wilayah taman kota juga sekaligus dijadikan sebagai penanda kawasan.

 

Dilansir dari KRJogja, Dalam Rencana Umum Pengadaan (RUP) tahun ini akan ada enam ruas jalan yang bakal dibangun taman baru. Lokasinya yaitu di Jalan Soga seluas 300 meter persegi, Jalan Soka 640 meter persegi, Jalan Kartini 896 meter persegi, Jalan Sarjito 280 meter persegi, Jalan Kapas 1.850 meter persegi dan Jalan KH Ahmad Dahlan 520 meter persegi. 

Menurut Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Jogja, Suyana, ketersediaan lahan di wilayah perkotaan sebenarnya sudah sangat terbatas. Namun setiap ruang tersisa terutama di jalan protokol yang menjadi kewenangan pemkot, diupayakan dijadikan taman kota. "Jogja sudah komitmen untuk mewujudkan program langit biru. Taman-taman yang sudah ada pun akan terus ditingkatkan kualitasnya," tandasnya, Senin (29/02/2016).

Baca Juga: Tips Agar Bisa Melihat Gerhana Matahari pada 9 Maret 2016 di Wilayah Jogja 

Total luas jalur terbuka hijau dan taman kota di kota Jogja saat ini tercatat 73.036 meter persegi. Di dalamnya terdapat 61 jenis pohon perindang dengan jumlah 3.098 batang. Khusus di jalan protokol yang padat kendaraan bermotor, jenis tanaman disesuaikan untuk menyerap polusi. Sehingga, selain menjadi perindang juga mampu memiliki manfaat lingkungan.

Sumber: KRJogja

Artikel Terkait

6 Ruas Jalan di Kota Jogja Bakal Dibangun Taman Baru
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email